Wisata Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu Riau Indonesia

Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu

air terjun aek martuah, aek martuah, air terjun rohul
Air Terjun Aek Martua foto oleh Ariandik
Halloo guys...
Setelah kemaren saya membuat artikel tentang Jam Gadang, dan juga Jembatan layang kelok 9.

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang air terjun Aek Martua yang berada di desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba kabupaten Rokan Hulu, Riau Indonesia, atau mungkin orang akan lebih mengenal dengan nama daerah Pasir Pangaraian. 

Tahun 2013 yang lalu, merupakan hari yang menjadi kenangan buat saya, ketika saya pergi berlibur ke salah satu tempat wisata yang ada di rokan hulu, dan bisa di bilang tidak jauh dari tempat tinggal saya, karna saya sendiri merupakan warga rokan hulu. 


Perjalan ke tempat wisata Aek Martua ini, bisa di katakan tidak begitu mudah, selain tempat tingal yang berbeda dengan kecamatan tersebut, perjalanan dengan mengendarai sepeda motor juga sangat melelahkan, karena sebetulnya kami tidak tau persis alamat dari air terjun aek martua ini. 


Perjalanan selama hampir 3 jam dari tempat tinggal saya, dan merupakan perjalanan yang tidak sia-sia, karena kami berhasil menemukan lokasi tempat wisata tersebut. Setelah sampai di gerbang masuk ke air terjun Aek Martua ini, kita akan berhenti untuk membeli tiket masuk dan juga tiket parkir kendaraan. 

Tiket masuk untuk pergi ke air terjun aek martua ini, hanya sebesar 5000 rupiah saja, namun harga parkir nya yang lumayan tinggi untuk paskir sebuah sepeda motor roda 2 yaitu sebesar 20.000 rupiah/motor. Dan untuk kendaraan roda 4, parkir hampir 2x lipat dari harga parkir sepeda motor. 


Setelah itu, kita akan melewati jembatan penyebrangan, yang hanya dapat di lalui oleh sepeda motor saja, dan tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda 4. Namun ada tempat lain untuk parkir kendaraan roda 4. Dan tentunya kendaraan roda 4 ini tidak bisa di bawa masuk ke kawasan air terjun.

Setelah melewati jembatan gantung, kita akan melakukan perjalanan sekitar 3.5 km dari jembatan, bagi yang menggunakan kendaraan roda 4, pastinya akan berjalan kaki sejauh 3.5 km untuk sampai ketempat tujuan, namun bagi yang menggunakan kendaraan roda 2 dapat terus kita naiki hingga perbukitan yang mendekati air terjun tersebut.


Aek Martua Sekarang 2019

Cerita di atas adalah cerita saya 2013 lalu, hemm, tapi saat ini sudah ada perubahan yang sangat besar  dari air terjun aek Martua tersebut.

Dulu, memang jalannya sangat susah, bahkan kita harus jalan kaki selama 3 jam untuk sampai ke air terjun tersebut, nah sekarang, jalan menuju air terjun aek martua sudah di perlebar, dan kini kendaraan roda dua pun bisa sampai ke atas bukit dan hampir sampai ke lokasi air terjun tersebut.

Namun, karena area parkir yang aman adalah di puncak bukit, makanya jalan untuk kendaraan hanya sampai di situ aja, selanjutnya, kamu lanjutkan dengan jalan kaki melewati anak tangga yang sudah di bangun, dan tidak peru lagi anda menggunakan kayu untuk jembatan seperti pada gambar di bawah.

Dan dari tempat parkir motor pun, hanya berjarak sekitar 20-30 menit saja anda sudah sampai ke air terjun tersebut. Dan sesampainya di sana, silahkan nikmati keindahan air terjun, yang jatuh dari ketinggian, apalagi saat musim hujan, debit air akan semakin besar, dan tentunya akan semakin indah untuk di nimati.

Jembatan Penyebrangan foto oleh Ariandik

Ada 3 air terjun yang ada di kawasan ini, dengan tingkatan yang berbeda pula, ada yang setinggi 15 meter, hingga yang tertinggi adalah setinggi 40 meter, dengan tebing di sampingnya yang begitu elok.

Perjalanan yang begitu melelahkan dan lama, akan di bayar oleh keindahan air terjun Aek Martuah ini, selain kita bisa melihat pemandangan yang alami, kita juga dapat bermain air atau mandi di bawah air terjun yang terdapat kolam di bawahnya, dengan luas kolam sekitar 250 meter persegi. Anda bisa lihat gambar di atas, untuk melihat air terjun Aek Martuah dan kolam yang ada di bawahnya .


Lokasi Air Terjun Aek Martua

air terjun Aek Martua yang berada di desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba kabupaten Rokan Hulu, Riau Indonesia, atau mungkin orang akan lebih mengenal dengan nama daerah Pasir Pangaraian. 

Dan untuk ruter perjalanannanya, anda silahkan ke pasir pangairaian, menuju kota. Setelah sampai simpang lampu merah, anda tinggal ambil jalan menuju Tangun, ini yang menjadi jalan utama, jika bingung sebaiknya anda tanyakan saja kepada penduduk setempat, atau gunakan saja GPS maps Google, jamankan semakin canggih, iya bukan.

Dan selamat menikmati dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke teman-teman kamu, supaya kalian bisa lburan bareng kesana. oke.

Sekian dulu informasi tentang Air Terjun Aek Martua ini.
Terimakasi...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »