Wisata di Padang Mengateh Payakumbuh Sumatra Barat Indonesia

padang mengateh, padang alahan, wisata padang mengateh
Padang Mengateh. Foto : promo-jitu.com

Padang Mengateh, New Zealand nya Indonesia

Padang mengateh atau padang mengatas, yang sering di sebut sebagai new zealand nya indonesia, tentu tidak salah.

karena memang tempat ini begitu luar biasa indahnya. Hamparan padang rumput yang luas nan hijau, memang sangat menarik hati setiap orang yang melihatnya. 

Apalagi jika tidak befoto ria, pasti akan terasa ada yang ganjil, tempat seindah ini tentu sangat mustahil untuk di lewat kan dalam jejak frame anda.

Padang rumput yang luas dan hijau ini, merupakan padang rumput yang di gunakan untuk peternakan sapi yang ada di payakumbuh.

Peternakan di padang mengateh ini, merupakan peternakan nasional ya. Bukan perternakan biasa lho . hehe. Jadi jika anda berkunjung kesana jangan heran jika banyak sapi yang di gembalakan di sana.

Padang mengateh atau padang mengatas ini, sebenernya sudah ada sejak jaman penjajahan hindia belanda. Pada waktu itu,tempat ini di gunakan untuk menggembalakan kuda pada tahun 1916.

Namun pada tahun 1936, barulah mulai di gunakan sebagai tempat peternakan sapi. Namun peternakan ini sempat beberapa kali mengalami pasang surut.

Sehingga pada tahun 1950, pada saat Dr. Mohammad Hatta, salah satu putra terbaik negeri sumatra barat ini menjadi wakil presiden pertama, barulah di lakukan pemugaran kembali.

Dan di gunakan sebagai stasiun peternakan pemerintah dan di beri nama Induk Taman Ternak Padang Mengatas.

Hamparan padang rumput dapat di lihat dan di nikmati sejauhmata memandang, rerumputan yang hijau membuat mata menjadi lebih fress.

Dan tentunya, salah satu tempat terbaik untuk di jadikan tempat berfoto, baik sebagai koleksi pribadi atau sebagai foto modeling. Cocok deh pokonya.

Akses dan Lokasi Ke Padang Mengateh/Mengatas

Padang Mengateh / padang mengatas
Untuk lokasi dan akses ke padang mengatas ini, tidak sulit terlalu sulit. Selain sudah di kenal banyak orang tempat ini juga sangat terawat. Bahkan untuk jalannya pun sangat bagus, dan bisa di lalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Padang mengateh/mengatas terletak di kaki gunung  Sagao, Nagari Padang Mengateh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat Indonesia.

Jika kita ingin pergi ko lokasi padang mengateh ini, setelah sampai ke payakumbuh, ambil perjalanan menuju ke arah si junjun, dengan pedoman tugu adi pura pada jalan soekarno-hatta.

Setelah itu, rute akan melewati jembatan ratapan ibu, yang juga bisa di jadikan sebagai penunjuk jalan yang berada di jalan Ahmad yani. 

Sampai di bundaran Lobua Silang, ambil arah menuju Sijunjung, dan untuk menuju persimpangan padang mengatas, berjarak sekitar 8 Km.

Dan dalam perjalanan akan terlihat gerbang masuk sebelah kanan, dan dari gerbang tersebut sampai ke pintu masuk utama peternakan padang mengatas ini sekitar 1.5 Km.

Dan selamat menikmati keindahan padang mengatas dan hamparan padang rumpt yang luas. Jangan lupa untuk berfoto.

Dan satu lagi, jangan lupa untuk membuang sampah makanan atau jajanan yang anda bawa pada tempatnya. Jangan tinggalkan bungkus makanan dan minuman anda di lokasi padang mengateh. 

Karena satu sampah yang anda tinggalkan akan menambah sampah yang lainnya dan mengotori tempat ini.

Sekian terima kasih...
referensi : jelajahsumbar.wordpress.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »