Air Terjun Sarah Banyak Gariang - Wisata Sebelah Timur Kota Padang Sumatera Barat

air terjun sarasah, air terjun sarasah banyak gariang, air terjun di sumbar, air terjun ulu gadut.
Air terjun sarah banyak gariang. Foto kompasiana.com

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Air terjun ini, sudah di ketahui oleh banyak orang sehingga tak heran jika tempat ini sudah tidak se alami dulu. Mungkin memang faktor banyaknya pengunjung yang menjadikan tempat ini semakin biasa.

Namun meskipun banyak sekali yang sudah mengunjungi tempat ini, belum banyak pengunjung yang mampu mendaki air terjun ini hingga ke tingkat ke tujuh. Air terjun sarasah banyak gariang ini, memiliki 7 tingkatan, dan kebanyakan dari para traveller hanya mampu untuk sampai di tingkat ke tiga saja.

Nah tentunya untuk bisa sampai ke puncak air terjun, menjadi salah satu tentangan tersendiri bagi anda para pecinta petualangan.

Keindahan air terjun sarasah banyak gariang ini, masih sangat terasa dengan pepohonan yang masih ada di sekitar dan menghijau serta bebatuan persegi yang membukit membentuk seperti sebuah piramida.

Bagi pecinta fotografer, tempat ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri, dan mengabadikan jejak anda di dalam frame.

Air terjun sarasah banyak gariang ini, lebih ramai di kunjungi di bandingkan dengan air terjun sikayak balumuik yang letaknya masih satu daerah dengan air terjun sarasah ini.

Ini di karenakan lokasi air terjun sarasah banyak gariang lebih dekat di bandingkan dengan air terjun sikayak balumuik.

Dinamakan air terjun sarasah banyak gariang di karenakan, di kolam atau aliran sungai dari air terjun ini, memiliki banyak sekali ikan gariang, sehingga masyarakat setempat menyebutnya air terjun sarasah banyak gariang.

Selain itu, tak sedikit juga yang menyebutnya sebagai air terjun sarasah ulu gadut, ini di karenakan letak air terjun tersebut berada di kawasan ulu gadut.

Nah bagi anda yang penasaran dengan air terjun ini, silahkan datang langsung ke TKP yaa. hehe..

Lokasi air terjun sarasah banyak gariang

Lokasi air terjun sarasah terletak di desa Koto baru, Gadut, Kelurahan limau manis selatan, kecamatan pauh padang sumatera barat. 

Berjarak sekitar 17 Km sebelah timur padang atau sekitar 2 Km dari Lik Gadut yang dapat di tempuh dengan waktu sekitar 40 menit. Akses ke lokasi ini, bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda 2 atau pun roda 4.

Jika anda dari kota padang, maka arahkan perjalanan anda menuju jalan raya ulu gadut hingga berjumpa dengan jalan yang berbatu. Ikuti jalan ini hingga menjumpai sebuah posko yang terdapat pemberitahuan tentang air terjun atau pamplet air terjun sarasah banyak gariang ini.

Di posko ini kendaraan dapat di parkirkan dengan harga parkir roda 2 sekitar 2.000 rupiah, dan untuk tiket masuknya sekitar Rp. 3.000 saja. Setelah itu perjalanan di lanjutkan dengna berjalan kaki mengikuti jalan setapak hingga menemukan sungai. 

Ikuti terus aliran sungai ini ke arah hulu, atau melawan aliran sungai, sampai tiba di lokasi air terjun berada. Perjalanan ini bisa memakan waktu hingga 1.5 jam dengan jarak tempuh sekitar 6 Km.

Bagi yang memanfaatkan kendaraan umum anda bisa menggunakan oplet jalur padang-pasar raya ulu gadut, atau bisa juga menggunakan taksi. Dan teruskan perjalanan jika dengan oplet atau angkot, naik oplet dengan trayek koto baru, dan lanjutkan perjalanan selanjutnya dengan berjalan kaki. Dan nikmati perjalanan anda tersebut ya.

Baca juga : Air terjun tiga tingkat lubuk hitam di pesisir selatan padang sumatera barat

Sekian....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »