Gunung Talamau - Surga Pendaki di Pasaman Barat Sumbar

gununga talamau, gunung talamau pasaman barat, gunung di pasbar. Gunung di sumbar.
Gunung Talamau Pasaman Barat. Foto :instagram.com/infopasbar

Gunung Talamau

Bagi para pecinta gunung, mungkin tempat ini sudah terbiasa di dengar atau bahkan sudah pernah di daki. Namun tidak ada salahnya jika kami ulas kembal ya.

Keindahan gunung Talamau yang ada di pasaman barat sumbar ini, tentu sudah tidak asing lagi didengar. Puncak gunung yang berada di 2.982 mdpl, menjadikan pemandangan yang menakjubkan dari puncak tersebut.

Gunung talamau dengan hutan lebat yang menghijau serta kicauan burung yang menemani perjalanan anda menuju puncak tertinggi gunung talamau.

Gunung talamau di tumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan hutan seperti family lauraceae, family dipterocarpacease, tumbuhan kemaduh, senggani, sirsak dan di sekitar telaga anda akan menemukan hamparan savana dan tanaman bunga eidelwish bunga khas pegunungan.

Dan berbagai macam satwa liar seperti burung rangkok, alap-alap, ayam hutan, musang, babi hutan, beruang madu dan berbagai macam satwa liar lainnya.


Tidak hanya itu, selama perjalanan anda akan di suguhkan dengan berbagai macam telaga, yang akan tampak dari bawah maupun puncak gunung. Tentu ini akan menjadi pemandangan yang indah.

Ada sekitar 13 telaga yang akan anda temui dan bisa anda nikmati selama perjalanan. seperti Talago biru, talago buluah parindu, talago cindua mato, imbang langik, talago lumuik,  talago madeh rubiah, talago puti bungsu, talago rajo dewa dan beberapa telaga lainnya. 

Traveller akan menemui telaga tersebut setelah melakukan perjalanan selama 12 jam di mulai dari desa pinagan, dan berjarak sekitar 14 Km dari gerbang masuk.

Lelah dan penat tentu akan selalu datang menyelimuti, namun semua akan sirna ketika anda sudak mencapai puncak gunung talamau yang beri nama puncak Rajo Dewa. Namun sebelum pendaki sampai di puncak tertinggi tersebut, anda akan menemukan 2 puncak sebelumnya yaitu puncak Tri Marta dan puncak Rajawali.

Ada juga air terjun yang cukup besar yang berada di dalam hutan gunung talamau ini, oleh masyarakat setempat di namakan air terjun Puti Lenggo Geni yang memiliki ketinggian sekitar 109 meter dan tentu akan menambah keindahan gunung talamau.

Di puncak gunung anda bisa menikmati alam sekitar seperti Lubuk sikaping pasaman, permukaan laut, Matahari tenggelam atau sunset, bahkan gunung singgalang juga akan terlihat.

Sungguh pemandangan yang luar biasa ketika anda sampai di puncak gunung tersebut. Namun sebelum mendaki tentu anda harus mengikuti aturan yang berlaku di kawasan tersebut. 

Pertama pendaki harus melengkapi surat keterangan izin, seperti foto copy KTP, surat keterangan izin dari orang tua, dari organisasi dan lainnya. Dan di posko gerbang masuk gunung talamau ini, anda juga harus mendaki bersama pemandu karena lebih aman.

Dan larangn yang ada di gunung ini yaitu membuang sampah sembarangan, membawa peralatan mandi ( sampo, odol, sabun dll) karena takut akan mencemari sungai. Selain itu bagi anda yang berpasangan harus melampirkan bukti surat nikah.

Lokasi Gunung Talamau

Gunung Talamau, merupakan gunung yang terletak di pasaman barat, tepatnya di desa pinagar, kecamatan kinali sumatera barat.

Untuk sampai ke gunung ini bisa melalui dua arah yaitu dari Rao perbatanan sumut-sumbar dan dari kota padang. jika anda dari kota padang anda harus menuju pasaman barat tepatnya di kec. Kinali. Dengan lama perjalanan 6-7 jam perjalanan.

Biaya untuk tiket masuk sebesar Rp4.000 saja, namaun harga tidak selalu sama ya, dan di bayar di pos ke 2, dan di sini terdapat 5 pos untuk tempat beristirahat.

Baca juga : Pulau Panjang air bangis pasaman barat

Sekian....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »