Kesehatan - Stress Dapat memicu Masalah Kesehatan Pada Mulut

sakit gigi, sakit gusi
Sakit gigi

Stres Picu Sakit Pada Mulut

Hemm.. masalah ini tentu kerap sekali menyelimuti hampir semua orang. Kebanyakan mereka Stres karena memikirkan sesuatu atau mungkin terlalu banyaknya perkerjaan yang menumpuk yang membuatnya semakin pusing untuk mengambil tindakan. Bukan hanya masalah pekerjaan saja yang membuat sebagian orang stres atau tertekan, namun masalah asmara juga menjadi penyebabnya.

Kita sering mendengan tentang betapa buruknya dampak stres terhadap kesehatan tubuh kita. Tak hanya memicu depresi saja, ternyata stres juga berpengaruh besar pada kondisi fisik kita. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan ternyata stres juga mampu memicu masalah kesehatan pada mulut kita. Apa saja masalah tersebut, simak di bawah ..

- Sariawan

Sariawan memang kerap kali terjadi jika tubuh kita kekurangan asupan vitamin C atau mengalami luka karena tergigit. Satu hal yang pasti, sariawan membuat kita tidak nyaman saat kita melahap makanan, pastinya akan terasa sangat perih apalagi jika terkena makanan yang bersifat pedas. Stres ternyata bisa membuat kita menjadi lebih mudah terkena sariawan meskipun pakar kesehatan masih belum mengerti hal ini bisa terjadi 

- Nyeri Pada Rahang

Stres yang berlebihan ternyata bisa membuat ketengan dan nyeri pada otot rahang.  Andai rasa nyeri pada otot rahang ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka di khawatirkan kita akan mengalami rasa tidak nyaman saat menggigit makanan, mengunyah makanan, hingga melakukan hal-hal sederhana layaknya membuka dan menutup mulut.

- Lebih Sering Menggeretakkan Gigi

Stres akan memacu emosi yang tinggi, sehingga stres dan marah adalah hal yang cukup berkaitan. Padahal jika kita mengalaminya,  kita akan sering menggeretakkan gigi atau dalam dunia medis di sebut dengan grinding. Hal ini ternyata sangat tidak baik bagi enamel gigi karena kekuatannya akan semakin tergerus sehingga lama-lama gigi akan menjadi lebih mudah rusak dan juga akan memicu kerusakan pada gusi. Jika sudah memasuki pada ranah gusi, tentu saja peradangan dan sakit gigi tidak akan terlewatkan.

- Gigi Berlubang

Hemm.. kok bisa ya stres bisa membuat gigi berlubang. Ya, menurut pakar kesehatan menyebutkan bahwa stres akan membuat seseorang menjadi lebih sering mengkonsumsi makanan manis seperti coklat, roti dan sebagainya, dengan harapan bisa menurunkan atau bisa memperbaiki suasana. Sayangnya Stres akan menurunkan produksi air liur dan sistem kekebalan tubuh.

Kombinasi dari konsumsi makanan dan menurunnya produksi air liur, akan membuat gigi mudah berlubang yang tentu akan sangat menyakitkan.

Baca Juga : Alasan mengapa di larang meminum jahe saat perut kosong

Semoga bermanfaat.
Sumber : doktersehat.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »