Manfaat Buah Pepaya bagi kesehatan Anda

Buah Pepaya . Foto : manfaat.co.id

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya, merupakan buah yang sering kita temui, bahkan di sekeliling pekarangan rumah kita pun ada yang memiliki pohonnya. Namun tidak semua orang menyukai buah pepaya, karena alasan yang berbeda-beda, ada yang mengatakan " baunya tidak enak, bikin mual " dan lainnya.

Namun jangan salah ya, banyak sekali manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita, karena buah pepaya mengandung banyak sekali nutrisi yang di perlukan tubuh. Dan sebagian orang sudah tau manfaatnya, yang mereka ketahui secara umum buah pepaya baik untuk pencernaan dan mampu melancarkan Buang Air Besar (BAB).

Tidak salah memang, namun ada manfaat lain yang jarang sekali kita ketahui. Namun sebelum kita membahas itu, kita harus tau dulu apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya. Berikut nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya :
- Folat
- Magnesium
- Vitamn A
- Tembaga
- Asam Pantotenat
- Fiber 3
- Vitamin B
- Alfa
- Beta karoten
- Lutein
- Zeaxanthan
- dan Vitamin E
- Kalsium
- Kalium
-Vitamin K
- Lycopene ( antioksidan yang paling sering di kaitkan dengan manfaat tomat)

Nah tu, banyak juga ya... Dan jika sudah mengetahui apa saja yang terkandung di dalam buah pepaya, sekarang kita bahas, apa saja manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita ;

- Anti Inflamasi
Manfaat pepaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan atau mengurangi rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung dalam buah pepaya, enzim tersebut juga dapat mencegah kanker

- Menyehatkan Tulang
Vitamin K yang terkandung dalam buah pepaya, baik untuk kesehatan tulang anda, terutama pada masalah patah tulang. Penting sekali menkonsumsi buah pepaya untuk memperoleh vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena vitamin K melakukan tindakan dalam mengubah matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium

- Mengutakan Sistem Imun
Senyawa Beta Karoten yang terdapat di buah pepaya, di perlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencegah penyakit seperti infeksi, flu dan meredakan demam.

- Baik untuk Penderita Diabetes
Menurut penelitian, penderita di abetes tipe 1, di anjurkan menkonsumsi diet tinggi serat, karena memiliki kadar glukosa dalam darah, atau yang sering di kenal dengan diabetes Basah. Sedangkan yang menderita diabetes kering, tentu di anjurkan untuk meningkatkan gula darah. Dan kandungan sekitar 4.7 gram serat di dalam buah pepaya, tentu baik bagi penderita diabetes tipe 1.

- Pencernaan
Seperti yang sudah di bahas di atas, bahwasanya buah pepaya memang baik bagi pencernaan, Apalagi bagi yang susah untuk BAB, tentu sangat di anjurkan untuk memakan buah pepaya. Mengapa..?? Karena Enzim Papain yang terkandung di dalam buah pepaya tersebut berguna untuk membantu pencernaan dalam mencerna makanan. Selain enzim papain, pepaya juga kaya akan serat dan air, kedua nutrisi tersebut sangat baik dalam pencegahan sembelit, dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan pencernaan.

- Mengurangi Berat Badan
Penelitian para ahli menunjukkan di dalam buah pepaya muda lebih banyak mengandung enzim ketimbang pepaya yang matang. Enzim pada pepaya memberi dampak pada pengurangan protein, karbohidrat, dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan pembakaran lemak menajdi energi dapat berlangsung dengan baik.

Nah sudah tau sekarang manfaatnya, setidaknya 5 manfaat buah pepaya di atas bisa menambah wawasan bagi anda mengenai manfaat buah pepaya. Sekian semoga bermanfaat...

Baca juga : Manfaat Buah Tomat Hijau Bagi Kesehatan

Terima kasih....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »