Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah sawo, buah sawo
Buah Sawo

Manfaat Buah Sawo

Buah sawo merupakan salah satu buah yang populer di negara kita, dan tidak sedikit orang yang menyukai buah ini. Selain rasanya yang manis, daging yang tebal dan dengan biji yang kecil, tentu menjadikan buah ini semakin menyegarkan. 

Buah sawo merupakan buah yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan. Buah sawo juga mengandung banyak air, sehingga sangat cocok di makan pada musim panas atau siang hari, dan cocok juga di jadikan sebagai makanan pencuci mulut yang segar.

Buah sawo memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh, dan ini telah di buktikan  melaluiberbagai penelitian. Berikut beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah sawo. 
Banyaknya buah sawo yang di teliti (food weight) = 100 gr
Bagian buah sawo yang dapat di konsumsi (Bdd/Food Edible) = 79%
Kandungan :

- Energi = 92 kkal
- Protein = 0,5 gr
- Lemak = 1.1 gr
- Karbohidrat = 22.4 gr
- Kalsium = 25 mg
- Fosfor = 12 mg
- Zat Besi = 1 mg
- Vitamin A = 60 IU
- Vitamin B1 = 0.01 mg
- Vitamin C = 21 mg
- Asam Folat = 14 mg

1. Menyehatkan Mata
Kandungan Vitamin A yang terdapat di dalam buah sawo, sangat baik untuk sehetan mata. Seperti yang kita ketahui, vitamin A memang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dan buah sawo merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga mata anda agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit gangguan mata.

2. Menyehatkan Tulang
Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan kalsium, sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Mengkonsumsi makanan ataubuah-buahan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor, sangat baik untuk menjaga tulang kita hingga tua.

3. Pembentukan Sel Darah Merah
Di dalam bidang kesehatan, di ketahui bahwa sel darah merah menjadi peran penting bagi kesehatan tubuh. Jika kekurangan darah merah, tentu kita tahu apa resiko yang akan terjadi. Asam Folat yang terkandung di dalam buah sawo di butuhkan untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah.

4. Mencegah Kanker Usus
Buah sawo juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalam buah sawo juga baik untuk mengatasi sembelit dan juga mencegah terjadinya kanker usus.

5. Mencegah Infeksi
Buah sawo memiliki kandungan vitamin Adan juga vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin A, yang bagus untuk kesehatan mata, ternyata juga berperan sangat baik dalam menyehatkan kulit. Dan vitamin C yang terkandung, berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi.

6. Mengobati Radang Mulut
Manfaat buah sawo, ternyata juga bisa mengobati radang mulut secara alami. Kandungan vitamin C selain mampu mencegah infeksi, ternyata juga bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat radang mulut. Selain buahnya, daun pohon sawo ternyata juga bisa mengobati radang pada mulut. Caranya, cuci daun sawo hingga bersih, rebus selama 10 menit, lalu gunakan air rebusan daun sawo untuk berkumur.

Baca Juga : Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan Tubuh

Sekian artikel tentang kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »