Manfaat Kopi Pahit Tanpa Gula Untuk Kesehatan

kopi, kopu hitam
Kopi Hitam

Manfaat Kopi Pahit

Apakah anda pecinta kopi..??? Pastinya hampir semua orang di dunia menyukai kopi, baik itu kopi hitam maupun kopi yang sudah di campur dengan susu, gula atau latte. Dan bahkan banyak sekali orang yang sudah memberi inovasi pada kopi dengan berbagai varian yang sangat menarik dan lezat. 

Kopi adalah komoditas petani asli dari tanah air indonesia. Bahkan produk kopi juga banyak di kirim ke luar negeri untuk di jadikan minuman. Kebiasaan minum kopi pada pagi atau sore hari memang sudah menjadi tradisi bagi pecinta kopi. Meminum kopi di campur dengan susu, latte , dan gula mungkin sudah biasa di lakukan. Namun pernahkan anda meminum kopi pahit murni..??  

Anda pasti sering mendengar bahwa kopi mengandung kafein. Dan kafein dalam kopi sering di tuduh sebagai penyebab berbagai jenis penyakit pada tubuh, Namun ternyata kafein tidak seburuk yang di perkirakan. 

Di bawah ini adalah beberapa fakta tentang kafein :

1. Kafein sebagai salah satu obat yang bisa mengatasi berbagai keluhan dan akan berbahaya apabila di gunakan dalam dosis yang besar.

2. Kafein bisa bekerja untuk tubuh karena bisa mempercepat kinerja otak. Kafein akan mengatasi Endonsin yang tidak normal. Endonsin adalah bahan khusus yang bisa menghambat kinerja otak dan sering menyebabkan mengantuk.

3. Kadar kafein yang di temukan pada kopi bisa berbeda-beda, tergantung dari proses pengolahan kopi yang melibatkan pemanggangan, penggilingan dan proses memasak kopi.

Pada awalnya, mengkonsumsi minuman kopi bisa mengganggu kesehatan. Banyak orang yang mengira bahwa minuman kopi hitam akan menyebabkan masalah untuk jantung dan organ tubuh lainnya. Ada juga beberapa orang yang mengalami insomnia, termasuk saya sendiri yang usah untuk tidur cepat, ini bisa di karenakan kopi ada juga yang memamng sudah terbiasa tidur larut malam. Disamping akan ada beberapa efek yang kita terima, namun ada juga manfaat yang baik dari mengkonsumsi kopi untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi kopi hitam, namun tanpa gula untuk kesehatan anda :

1. Sumber Anti Oksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh
Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak mengandung antioksidan dan sebagai sumber nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium juga bermanfaat baik untuk mengendalikan kadar gula darah, dan magensium juga bisa menurunkan potensi kolestrol, apalagi bagi orang yang sudah lanjut usia, mungkin kolestrol sudah jrang terkontrol.

Mengkonsumsi kopi pahit tanpa gula secara teratur juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit akut karena kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.

2. Kopi Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognotif Pada Lansia
Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi syaraf terjadi pada lansia, dan menurunkan aktivitas mereka tentunya.

Mengkonsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan syaraf. Bahkan hal ini sudah di buktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah di tulis dalam American Journal of Epidemiology ( Edisi Tahun 2002).

3. Mengurangi Potensi Diabetes
Manfaat kopi pahit tanpa gula, merupakan salah satu minuman yang mampu mengurangi potensi kenaikan gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa di lakukan sesuai kebutuhan tubuh, serta bisa menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.

4. Mengurangi Resiko Kanker
Minuman kopi mengandung kafein yang ternyata juga bisa melindungi pria dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu beberapa jenis kanker lain yang bisa di minimalkan resikonya adalah kanker hati dan kanker payudara. Dan minum kopi hitam pahit tanpa campuran gula atau zat lain, bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.

5. Kopi Membuat Tubuh Lebih Bugar
Ahli kopi Ory Hofmekler mengatakan jika mengkonsumsi kopi dengan cara yang benar bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Minum kopi secara rutin dan teratur bisa membuat otot lebih kuat, namun harus kopi dengan rendah gula.

6. Bisa Mendukung Program Diet
Kopi hitam tanpa gula, menjadikan minuman yang rendah kalori, karena kopi mengandung kalori yang rendah. Jika anda menambahkan gula ke dalam kopi, maka akan meningkatkan lemak dan kalori dalam kopi, sehingga bisa meningkatkan berat badan. Jadi, lebih baik tetap minum kopi tanpa gula.

7. Mendukung kesehatan Tulang
Kalsium yang terkandung dalam kopi, bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk pria dan wanita.

8. Menjaga kesehatan Jantung
Kalium pada kopi, juga mampu untuk menguatkan otot jantung dan menjaga detak jantung agar tetap stabil. Berbagai macam jenis makanan yang di konsumsi secara tidak langsung akan membentuk lemak, yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, maka mengkonsumsi kopi tanpa gula sangat di saranan.

9. Kopi Membuat Meningkatkan Produktifitas
Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membatu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktivitas. Kafein yang terkandung dalam kopi juga bisa mengirimkan stimulasi pada syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

Namun di samping ada manfaat yang baik bagi tubuh, ada juga beberapa efek buruk minum kopi jika berlebihan atau cara pengolahan yang tidak benar , Berikut ulasannya :

1. Kopi bisa menyebabkan gangguan fungsi kelenjar adrenal terutama bagi yang sudah memiliki masalah dengan kelenjar adrenal

2. Kopi bisa menyebabkan masalah atau efek diuretik, jadi bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan keseimbangan elektrolit dalam tubuh tidak di sarankan untuk minum kopi

3. Minum kopi yang di campur gula secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang di tandai dengan sakit perut, detak jantung tidak teratur, kepala pusing dan gejala yang membuat tubuh lemah.

4. Konsumsi kopi 5 cangkir dalam sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kurang peka terhadap lingkungan, sakit perut, detak jantung tidak norma, dan gangguan kecemasan.

5. Minum kopi yang mengandung latte atau gula bisa menyebabkan peningkatan kelosterol.

Jadi, jika anda mengalami masalah kesehatan sebelumnya, maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsi kopi atau mengkonsumsi dengan tidak berlebihan. Dan tentu jika anda tidak menyukai kopi tanpa gula, itu pilihan. namun demi kesehatan, sebaiknya sekali-kali anda bisa mencoba kopi hitam tanpa gula.

Baca juga : Manfaat masker pepaya untuk kesehatan

Sekian semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih...

Sumber Shinta Dhewy G+..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »