Pulau Kemaro dan Legenda Putri Kerajaan Sriwijaya, Sumsel Palembang

pulau kemaro, pulau kemaro palembang, kemaro
Pulau Kemaro. Foto anekalokasiwisata .com

Pulau Kemaro

Pulau kemaro dan sebuah cerita rakyat yang melegenda di kalangan masyarakat palembang, menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Sebuah pagoda berlantai sembilan di tengah tengah pulau juga menjadi salah satu tujuan wisatawan. Bangunan pagoda tersebut di bangun pada tahun 2006 silam. Selain pagoda, ada juga bangunan klenteng yang sudah ada sejak dulu. 

Klenteng Hong Tjing Rio atau yang lebih di kenal dengan klenteng Kuan im di bangun pada tahun 1962.

Pulau kemaro ini tidak jauh dari jembatan ampera, dan aksesnya pun sangat mudah. Dermaga yang berada di bawah jembatan ampera atau tepat di depan Benteng Kuto Besak ini, merupakan transpotasi yang sering di gunakan untuk menuju ke pulau kemaroo tersebut.

Kota palembang, merupakan saksi atas berjayanya kerajaan Sri wijaya. Kemahsuran kerajaan ini, mengundang para pedagang arab dan cina untuk melakukan transaksi perdagangan dengan kerajaan tersebut.

Pempek dan Tekwan, yang menjadi ciri khas makanan asli palembang, juga menjadi incaran para wisatawan. Tidak heran jika meraka rela untuk mengeluarkan biaya yang lumayan banyak untuk membeli oleh oleh ciri khas palembang tersebut.

Nuansa pecinan juga dapat anda rasakan di pulau ini, karena adanya klenteng yang berada tepat di tengah tengah pulau. Klenteng tersebut masih di gunakan, apalagi di saat perayaan Cap Go Meh, tempat ini akan ramai di kunjungi oleh warga palembang keturunan Tinghoa.

Sebagian warga keturunan tionghoa, melakukan sembahyang di pulau tersebut. Klenteng yang berdiri gagah, sebagai bukti bahwa budaya tionghoa tumbuh dan berkembang di palembang.

Pulau kemar juga identik dengan legenda putri kerajaan Sriwijaya. Kisah haru siti fatimah ( Putri Kerajaan ) yang di sunting oleh bangsawan tionghoa bernama Tan Bun An juga sering di perbincangkan.

Selain pagoda, klenteng, dan kisah cinta siti fatimah, di pulau tersebut juga terdapat sebuah pohon cinta. Konon katanya, jika seorang pasangan muda mudi menuliskan namanya di pohon tersebut, maka hubungan mereka akan sampai ke jenjang pernikahan. Percaya atau tidak terserah anda ya.. hehehe.. toh jodoh Tuhan yang ngatur. 

Lokasi Pulau Kemaro

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa pulau kemaro terletak tidak jauh dari jembatan ampera. Jika ingin mengunjungi tempat tersebut, maka anda bisa menggunakan perahu yang berada di dermaga yang berada di bawah jembatan ampera.

Di perjalanan anda juga bisa menikmati pemandangan rumah terapung yang berada di pinggir sungai musi. Bagi kalian yang mengunjungi kota palembang, jangan lupa ya untuk singgah di pulau kemaro tersebut. Selain anda akan merasan sensasi yang berbeda, anda juga bisa belajar sejarah dari tempat tersebut.

Baca juga : Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera, Salah Satu Destinasi Wisata Yang Unik

Sekian semoga informasi ini bermanfaat terima kasih. Kritik dan saran melalui kontak saya di atas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »