Benteng Kuto Besak, Salah Satu Tempat Bersejarah di Kota Palembang SumSel

benteng kuto besak, bkp kota palembang
Benteng Kuto Besak. Foto : hellopalembang .com

Benteng Kuto Besak Palembang

Salah satu tempat wisata dan bersejarah yang ada di kota palembang adalah benteng kuto besak yang berada di tengah kota palembang. Tempat ini menjadi salah satu kebanggaan warga palembang, dan menjadi salah satu benteng bersejarah yang sudah berusia ratusan tahun.

Tempat yang sangat setrategis, yang berada di tengah kota membuat para pengunjung tidak sulit untuk menemukan tempat ini. Bisa menggunakan kendaraan peibadi, atau angkutan umum.

Benteng kuto besak ini, memiliki 3 pintu, yang setiap pintunya mengarah ke 3 penjuru, salah satunya yaitu mengarah pada sungai musi. Sungai musi juga menjadi salah satu tempat berlibur bagi sebagian warga kota palembang.

Apalagi di malam hari, sungai musi di penuhi dengan kapal kapal kecil yang di jadikan tempat berdagang atau berjualan aneka macam makanan. Selain anda bisa menikmati pemandangan lampu yang memancar begitu terang, anda juga bisa menikmati makanan yang beraneka ragam. Namun sayangnya, waktu saya kesana sana tidak sempat makan di pinggir sungai musi tersebut. Karena sudah terlanjur makan di tempat lain. hehehe....

Bukan hanya sungai musi saja, jembatan ampera yang menjadi ikon kota palembang juga bisa anda lihat, karena benteng ini bersebelahan dengan jembatan ampera tersebut.

jembatan ampera yang berada hanya beberapa meter saja bisa anda saksikan, dan tentunya menjadi salah satu spot untuk berfoto yang sangat bagus. Dimalam hari benteng kuto besak, sungai musi dan jembatan ampera, sangat menarik untuk di pandang. 

Di depan benteng kuto besak yang mengarah ke sungai musi, pada malam hari di jadikan tempat untuk parkir kendaraan dan juga tempat beristirahat. Mobil mobilan yang berbentuk seperti motor kodok ( PW ), juga ada disana. Pengunjung yang datang bisa menaiki mobil dengan tenaga baterai tersebut dengan biaya persekali naik kalau tidak salah ingat sekitar Rp. 50.000. 

Tentang Benteng Kuto Besak

benteng kuto besak palembang

Benteng Kuto Besak mulai di bangun pada tahun 1780 dengan arsitek yang tidak di ketahui dengan pasti, hal yang menarik adalah Sultan Mahmud Baharuddin mengajak penduduk lokal dan Etnis Tionghoa membangun benteng ini,dan pengawasan pembangunan di percayakan oleh seorang tionghoa. 

Benteng ini de resmikan pada tanggal 21 februari 1797, dengan pembangunan yang selama 17 tahun tersebut dibangun dengan menggunakan batu kapur dan campuran putih telur. Tidak seperti sekarang yang setiap pembangunannnya menggunakan semen dan pasir.

Benteng kuto besak, saat ini di tempati oleh kodam Sriwijaya, namun untuk masuk ke kawasan tesebut, saya sendiri belum pernah masuk dan belum tau boleh atau tidak emmasuki kawasan tersebut. Jika menggunakan pemandu untuk berwisata atau meminta ijin mungkin di perbolehkan. Coba saja ya. hehe..

Lokasi Benteng Kuto Besak

Kalau lokasinya, di atas sudah sangat jelas . Benteng kuto besak atau BKB terletak di tengah kota palembang, bersebelahan dengan sungai musi dan jembatan ampera. So, buat kalian yang ingin berkunjung ke lokasi ini, tentu bisa melihat bukan hanya satu ikom kota palembang.

Baca Juga : Air Terjun Curup Maung wisata di lahat sumatera selatan (palembang)


Sekian semoga artikel ini bermanfaat sekianterima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »