Taman Hutan Raya (Tahura) Pocut Meurah Intan, Saree Aceh Besar

tahura pocut meurah intan, taman hutan raya, tahura
Tahura Pocut Meurah Intan. Foto : google Image

Pesona Taman Hutan Raya (Tahura) Pocut Meurah Intan

Bagi pecinta alam, keunikan dan keindahan merupakan salah satu daya tarik yang tak mungkin bisa di bayar dengan uang. Bahkan dalam kondisi yang yang melelahkan pun, jika untuk menyusuri keindahan alam indonesia, tentu tetap akan di jalani.

Seperti keindahan Taman Hutan Raya , Tahura pocut meurah ini, bagi masyarakat banda aceh atau besar, tentu tempat ini sudah sangat di kenal dan menjadi salah satu primadona yang tak mungkin di lewatkan.

Rumah pohon, Hijaunya hutan pinus dan juga air terjun yang berada di tahura ini, menjadi salah satu tujuan utama bagi pengunjung. Bukan hanya itu, di tahura ini, juga merupakan tempat pelatihan gajah, atau tempat bagi pelestarian habitat gajah.

Secara keseluruhan, luas total hutan raya ini mencapai 6.300 hektar, dengan keadaan topografi yang di dominasi oleh perbukitan. Tempat wisata yang secara resmi di kelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Aceh ini, merupakan tempat yang aman untuk di kunjungi bagi pengunjung.

Ini terlihat dari adanya pos penjagaan pada area tahura ini. Dan ketika anda ingin mengunjungi tempat ini, anda harus melapor terlebih dahulu ke pos penjagaan. Nah barulah setelah itu anda bisa memasuki kawasan tahura ini. 

Tak jauh dari pos tersebut, dengan melalui jalan setapak pengunjung akan melihat deretan pohon pinus yang lumayan besar dan rumah pohon yang di bangun secara unik. 

Apalagi saat ini sedang booming memanjakan diri di atas ayunan yang tergantung di antara pohon-pohon besar. Jika memang di ijinkan oleh penjaga tahura ini, tentu anda bisa membawa ayunan dan bersantai di antara rindangnya pohon pinus merkusi ini.

Rumah pohon yang berwarna cokelat juga menjadi daya tarik bagi pengunjung. Rumah pohon yang bisa menampung sekitar 15 orang dewasa, sering di jadikan spot berfoto ria atau berselfie. Dengan background rumah pohon itu sendiri atau pohon pinus yang berada di sekitarnya. 

Air terjun yang berada tidak jauh dari Rumah pohon tersebut, juga menjadi incaran para wisatawan. Air yang jernih dan segar semakin memanjakan diri anda untuk menikmati alam indonesia. Dan menjadikan anda tentu lebih fress dan semangat kembali.

Memang untuk menuju air terjun tersebut anda harus melalui jalur yang sedikit sulit, bagi yang suka trekking, tentu bukan menjadi hambatan yang menyusahkan, tapi bagi pemula tentu menjadi tantangan tersendiri. Dan setelah sampai, semua rasa lelah dan penat yang ada, akan sirna dengan sendirinya. 

Berada di alam dengan keindahan alam yang menakjubkan, akan menghilangkan penat sehari hari dan melupakan ke setressan dengan pekerjaan anda. Meskipun masih ada oknum yang sering melakukan pembakaran hutan, tidak membuat tahura melepaskan keindahan dan alamaian alam yang asri bagi pengunjung, anda masih bisa merasakan kesegaran dan asrinya alam hutan tahura ini.

Fasilitas Tahura Pocur Meurah

Fasilitas yang di sediakan oleh pemerintah setempat untuk tahura ini sudah cukup lengkap, dengan adanya toilet, kawasan parkir yang luas, cafe atau tempat makan dan Gazebo gazebo yang unik yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Namun jangan lupa ya, untuk memasuki kawasan Taman Hutan Raya ini, anda harus membayar administrasi sebesar Rp. 10.000 saja. 

Harga yang cukup terjangkau menurut saya, selain itu untuk memasuki kawasan air terjun, anda juga harus membayar administrasi, namun tenang saja harganya terjangkau banget kok. Tidak sebanding dengan indahnya alam yang ada di Taman Hutan ini. 

Camping

Selain keindahan alam di atas, di taman hutan raya atau tahura, anda bisa juga mendirikan tenda untuk bermalam di hutan ini dan menikmati pemandangan di malam hari. Lokasi untuk mendirikan tenda tidak jauh dari hutan pinus tersebut dan tempat yang cukup luas untuk mendirikan beberapa atau puluhan tenda.

Bukan hanya itu, jika sempat anda juga bisa bermain Outbond, jangan kuatir karena anda akan di dampingi oleh Petugas Penjaga hutan tersebut. Di sini anda bisa bermain flying fox, atau menaiki jembatan tambang dan tentu di perlukan nyali yang besar dong...

Lokasi Tahura Pocut Meurah Intan

Secara administratif, taman hutan raya / tahura ini terletak di saree, kecamatan lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besa, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 60 Km dari kota banda aceh atau satu setengah (1.5) jam perjalanan.  Taman Hutan raya / tahura tersebut terletak di antara kaki gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong.

Baca Juga : Gunung Seulawah Agam 

Tentu menjadi pemandangan yang menarik pula untuk anda abadikan dalam setiap perjalanan anda.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari banda aceh. Kondisi jalan pun sudah di aspal dan cukup baik, sehingga pengunjung akan merasa aman saat dalam perjalanan. Sekian dulu artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa hubungi kontak yang berada pada menu atas.

Baca Juga : Air terjun Kuta malaka, wisata di aceh besar

Semoga bermanfaat terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »