Pantai Jantang, Pantai Tersembunyi di Aceh Besar

pantai jantang, pantai teluk jantang, teluk jantang
Pantai Teluk Jantang, Foto : brilio. net

Pantai Jantang

Pantai jantang atau pantai teluk jantang sangat populer setahun ini. Memang sudah banyak orang yang sudah mengetahui, namun tidak sepopuler sekarang.

Meski demikian, untuk menemukan lokasi pantai jantang ini tidak mudah namun tidak sulit pula. Ini di karenakan papan nama " selamat datang di pantai jantang " sudah tidak ada. Ini di karenakan papan nama tersebut di ambil oleh warga setempat.

Mereka mengambil papan nama tersebut, agar tidak banyak orang yang datang ke tempat tersebut. Ini bukan berarti kita tidak boleh datang ke tempat tersebut ya. Ini lebih di karenakan ada oknum oknum tertentu yang menyalah gunakan tempat tersebut sebagai tempat berpacaran atau tempat mesum, bukan sebaga tempat berlibur.

Sebelum mengenal lebih jauh, sebaiknya ada harus mengerti dahulu peraturan yang ada di tempat tersebut. Jika anda berniat untuk berkunjung ke pantai jantang, sebaiknya anda datang bersama teman yang lain atau berkelompok. Di larang datang berpasangan bagi yang belum menikah. Dan mintalah ijin kepada warga atau pemuda setempat. Nah cukup itu saja peraturannya, mungkin di tambah dengan administrasi atau parkir saja ya...

Pantai jantang adalah sebuah pantai yang kecil nan mungil, yang di apit oleh dua buah tebing berbatu besar yang tidak terlalu tinggi.

Pantai dengan pasir putih yang bersih membuat suasana pantai tersebut begitu elok nan asri. Apalagi jika anda datang pada hari kerja, tentu saja tempat tersebut terasa semakin sunyi. Hembusan angin yang sepoi, menambah nuansa releaxs yang sempurna bagi liburan anda.

Di sebelah bukit berbatu yang berada di sebelah kanan, juga ada pantai. Pantai dengan pasir putih yang panjang, juga sangat menawan untuk anda lihat sekaligus.

Pohon kelapa yang menjulang tinggi semakin menambah elok pemandangan di pantai jantang tersebut. Hijaunya pepohonan yang berada di sekitar pantai juga mempesona, sangat sempurna untuk di jadikan sebagai tempat berfoto dengan backgroud hijau alam yang asri.

Namun meski namanya pantai anda tidak bisa leluasa berenang atau senorkelling di tempat ini, karena banyak sekali bebatuan besar yang berada di pantai tersebut. Tapi jika anda hobi memancing, anda bisa menyalurkan hobi anda tersebut, karena terdapat spot memancing yang menarik di sini.

Lokasi Pantai Jantang

Pantai jantang berada di desa Jantang Meunasah Krueng Kala Pasie, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi NAD, indonesia.

Untuk menuju lokasi ini, arahkan kendaraan anda menuju ke arah jl. Meulaboh - Banda Aceh, atau anda juga bisa menggunakan google maps sebagai penunjuk lokasi untuk menuju ke Lhoong.

Di sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang indah, seperti pegunungan, hamparanlaut lepas, dan jalan yang lebar. Namun seringnya hujan membuat jalan ini semakin terkikis. Ada beberapa titik jalan yang berlubang, dan terlihat pula jalan yang sudah di tambal.

Anda juga harus berhati hati ketika melewati gunung paro dan gunung kulu, apalagi ketika musim hujan, jalanan yang menikung naik turun ini akan sangat licin dan rawan akan longsor.

Sekitar 1 Km lebih melewati papan nama menuju destinasi wisata Air Terjun Suhom Lhoong, sebelah kanan jalan lihatlah papan bertuliskan " Pertambangan Lhoong Minning" yang tidak beroperasi lagi.  Sekitar 50 meter melewati papan nama tersebut, anda akan menjumpai jalan menuju Pantai Pasi Blang Raya yang terlihat banyak pohon cemara. Ikuti jalan tersebut, karena jalan tersebut juga akan mengarah ke pantan jantang.

Jika anda sudah memasuki lokasi pantai Pasi Blang Raya yang banyak pohon cemara, ambil ke kanan dan jalan lurus menuju ke ujung mendekati sungai dan tebing sekitar 5 menit.  Parkirkan kan kendaraan anda di sini dengan biaya jaga sekitar RP 5.000.

Anda harus melewati sungai kecil tersebut, setelahitu naiklah ke tebing yang tidak terlalu tinggi tersebut, sekitar 5 menit anda bisa menyaksikan pemandangan pantai jantang yang kecil, mungil tapi tetap menawan.

Anda bisa turun dan menikmati ke indahan pantai jantang tersebut. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan ringan dan minuman atau air putih, karena tidak ada warung di pantai tersebut. Jangan lupa juga untuk membawa kamera tentunya, untuk mengabadikan moment liburan anda di pantai jantang.

Jika anda lapar, dan lupa tidak membawa bekal, di Pantai Pantai Pasi Blang Raya yang tidak jauh dari tempat tersebut, tersedia warung makan seperti gorengan, bakso goreng, mie dan lainnya.

Baca juga : Pantai kuala merisi , pantai menawan di aceh jaya 

So, selamat menikmati liburan anda di sini, sekian semoga bermanfaat terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »