Wisata Candi Muara Takus di Kampar Riau Indonesia

candi muara takus, muara takus, candi, candi di riau
Candi muara takus foto : Media Internet

Candi Muara Takus

Tempat wisata yang satu ini, berbeda dengan tempat wisata yang lainnya. Selain kita bisa menikmati keindahan candi, dan alam sekitar, kita juga bisa belajar dan lebih mengenal sejarah yang ada di indonesia khusus nya di riau.

Candi muara takus merupakan bukti peninggalan sejarah pada masa lampau. Candi yang bernuansa budha, merupakan bukti bahwa budha pernah berkembang di riau pada masa itu. 

Situs candi muara takus di kelilingi oleh tembok berukuran 74x74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi 80 cm. Di luar area terdapat tembok tanah berukuran 1.5x1.5 KM yang mengelilingi kawasan ini hingga ke pinggir sungai kampar.

Para pakar belum dapat menentukan kapan di dirikannya candi ini. Ada yang mengatakan pada abad ke 4, abad ke 7, abad ke9 dan ad apula yang mengatakan pada abadke 11. Namun candi ini, di anggap telah ada pada jaman Kerajaan Sriwijaya.

Candi muara takus adalah situs candi tertua di sumatra, dan merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau.

Candi ini, di buat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Bahan pembuatan candi khususnya dari tanah liat, yang di ambil dari sebuah desa pongkai, yang terletak sekitar 6 Km sebelah hilir candi.

Bangunan utama di kawasan ini adalah sebuah stupa yang besar, berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan batu pasir kuning. Di kawasan candi, terdapat bangunan candi yang di sebut Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai serta Palangka.

Menurut Duta besar Singapura, yang pernah mengunjungi candi pada tahun 1977, menyatakan bahwa Candi Muara Takus, berasal dari dua kata yaitu Muara dan Takus. Muara yang berarti tempat dimana air mengakhiri alirannya ke sungai yang lebih besar, sedangkan Takus berasal dari bahasa cina. Ta yang artinya = Besar, Ku = Tua dan Se = Candi. Jika di artikan keseluruhan berarti Candi Tua yang Besar yang Terletak di Muara Sungai.

Lokasi Dan akses Ke Candi Muara Takus

Candi Muara Takus terletak  di XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau Indonesia. Berjarak sekitar 135 Kilo meter dari kota pekanbaru. Jika kita ingin berkunjung ke situs candi ini, jika melewati pekanbaru perjalanan yang harus di tempuh sekitar 4-5 jam. 

Rute perjalanan dari kota pekanbaru lalu ke bangkinang dan akan menemukan jembatan Rantau Berangin. Di depan jembatan ada persimpangan, ambil jalur sebelah kiri yang menuju provinsi Sumatra Barat. Kita akan menemui PLTA Koto Panjang, dan tidak jauh dari PLTA tersebut kita akan menjumpai pintu masuk ke Candi muara takus yang berada di simpang sebelah kanan jalan. Kita akan melihat Gapura besar yang bertuliskan Wisata Candi Muara Takus.

Rute Perjalanan : Pekanbaru - Bangkinang - jembatan rantau berangin - PLTA Koto Panjang - Lokasi Candi Muara Takus.

So, tertarik ingin melihat sejarah masa lalu yang ada di riau, Kunjungi segera candi tersebut.

Sekian informasi dari saya, sekian dan terima kasih.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »