Wisata Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Inhu Riau Indonesia

Taman nasional, bukit tiga puluh, taman bukit tiga puluh
TNBT Riau foto oleh tempatwisatadaerah.blogspot. co.id
Tidak banyak masyarakat yang tau mengenai Taman Naional ini, hanya beberapa saja yang mungkin pernah mengunjungi tempat ini.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, merupakan kawasan hutan tropis dataran rendah yang di kenal sebagai tempat tinggal terakhir bagi spesies yang hampir punah. Baik flora maupun fauna di daratan sumatra.

Taman nasional ini memiliki luas sekitar 144.223 hektar, terdapat sekitar 660 spesies tumbuhan dan 246 spesies merupakan tanaman obat. Sebanyak 550 spesies merupakan spesies tumbuhan langka yang sudah di data, di kumpulkan dan di pelihara.

Ada beberapa jenis tumbuhan langka yang tumbuh di taman ini, seperti cendawan muka rimau (Rafflesia hasselti), Jernang (Daemonorops Draco), Pulai (Alstonia Scholaris), Getah Merah (Palaguyum Sopi), Jelutung (Dyeracosculata) dan lain-lain.

Selain itu di kawaasan ini, juga terdapat pohon Nibung (Oncosperma Tigilarium), sejenis palem liar. Habitat tumbuhan nibung ini adalah hutan-hutan pantai, hutan air payau dan berkembang secara alami.

Di lihat dari kekayaan fauna nya, Taman nasional ini memiliki 59 spesies mamalia, 8 di antaranya merupakan jenis primata.

Taman nasional bukit tiga puluh merupakan habitat alami bagi Harimau sumatra (Patheratigris Sumatraensis), Gajah sumatra (Elephus Maximus), Macan dahan (Neofelix Nebulasa), serta Tapir Melayu (Tapirus Indicus). Sedangkan hewan jenis primata yang masih bisa kita jumpai seperti Siamang (Hylobate Sydactylus), Lutung (Presbytis Cristata), dan Kera jambul (Presbytis Melalophus).

Keistimewaan lain yang di miliki oleh Taman Nasional ini adalah sebagai tempat tinggal bagi suku Talang Mamak dan suku Kubu. Atau mungkin kita sering mendengar sebagai suku anak dalam, kedua suku ini di anggap sebagai ras Proto-Melayu.

Kehidupan suku anak dalam, merupakan daya tarik bagi wisatawan. Suku-suku tersebut merupakan eko-budaya yang menarik untuk di pelajari, terutama bagaimana mereka hidup dan berinteraksi dengan alam.Kehidupan suku Talang Mamak dan suku Kubu, sangat bergantung pada alam sekitar. Sehingga, hutan merupakan bagian yang tidak di pisahkan dari kehidupan mereka.

Kehidupan suku-suku ini sangat menarik, mereka tidak hidup seperti masyarakat lainnya yang umumnya hidup menetap. Suku anak dalam hidup berpindah-pindah atau nomaden, dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Dan mereka mencari tempat yang memiliki sumber untuk kelangsungan hidup mereka.

Selain flora, fauna, dan suku asli , ada bebrapa keindahan lainnya yang wajib kita ketahui. Seperti air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional ini. 
Air Terjun ini, berada di kawasan Tembelug Berasap yang masih kawasan Taman Nasional. Di sini kita bisa berfoto, bermain air maupun mandi.

Terdapat juga objek wisata Air Hitam, dimana di kawasan ini merupakan tempat hidup bagi habitat Harimau Sumatra. Terdapat pula Batu Belipat dan Batu Gatal, yang merupakan wisata Arung Jeram yang ada di kawasan ini.

Lokasi dan Akses ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasiona Bukit Tiga Puluh, berada di kawasan provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Kawasan yang tercakup dalam kawasan Riau, terletak di kabupaten Indragiri Hulu, tepatnya berada di daerah Rantau Langsat, Batang Gansal, Kabupaten Indragiri dan kabupaten Indragiri Hilir. Sedangkan kawasan yang tercakup dalam provinsi jambi, terletak di kabupaten Bungo, Tebo dan kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Akses ke Taman Nasional ini, jika kita dari pekanbaru, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus atau travel. Dengan rute Pekanbaru menuju Siberida, denganjarak tempuh sekitar 285 KM, dan memakan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan. Dari siberida pengunjung dapat langsung menuju ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Fasilitas
di taman ini tersedia fasilitas bagi pengujung seperti, pusat informasi, Wisma tamu, Wc/Toilet umum, Shelter, warung makan dan sarana beribadah seperti mushola. Terdapat juga tenaga pemandu yang akan membantu wisatawan mengoxplorasi lebih jauh mengenai keistimewaan Taman Nasional ini. 

Sekian dulu informasinya, jika tertarik untuk berwisata ke tempat ini, segera kunjungi.
Sekian dan terimakasih...


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »