Wisata di Pulau Jemur Rokan Hilir Riau Indonesia

Pulau Arwah, pulau jemur, pantai jemur, pulau rohil
Pulau arwah Foto : gosumatra .com

Tempat Wisata Pulau Arwah

Di lihat dari namanya, pulau ini seperti sangat menyeramkan. Seolah seperti ada hal-hal mistik di dalamnya. Tapi jangan salah ya guys, Pulau Arwah ini, tempatnya seindah surga. Bukan berlebihan ya, tapi kenyataanya memang seperti itu.

Pulau arwah memiliki gugusan beberapa pulau, seperti Pulau Jemur, Pulau Batu Mandi, Pulau Pulau Batu Berlayar, Pulau Batu Adang, Pulau Tokong Pucung, Pulau Tokong Simbang, Pulau Tokong Mas, Pulau Labuhan Bilik dan Pulau Pertandangan. 

Ada 9 pulau yang terdapat di Pulau Arwah ini, yang merupakan beberapa pulau kecil dan satu pulau terluas di kawasan ini yaitu Pulau Jemur.

Dari ke sembilan pulau ini, Pulau Jemur merupakan pulau yang sering di kunjungi, meskipun jarak pulau-pulau lain yang ada tidak jauh, namun fasilitas untuk mencapai ke pulau yang kecil lainnya tidak begitu memadai.

Untuk sampau ke Pulau Arwah kita harus berlayar menggunakan boat. Akan tetapi semua perjalanan itu akan terbayar lunas oleh keindahan yang ada di pulau ini.

Aktivitas yang bisa kita lakukan atau yang sering di lakukan para wisatawan adalah Snorkeling di beberapa spot terbaiknya, diving dan juga memancing.

Kepulauan ini, memiliki panorama alam yang indah, bersih dan masih asri. Ombak laut yang landai memungkinkan kita untuk melakukan diving dan melihat keindahan di dasar laut.

Pulau jemur merupakan habitat alami bagi penyu hijau, dan merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Terdapat pangkalan atau pos pemantau milik TNI Angkatan Laut.

Wisata Pulau Jemur

Pulau yang dekat dengan perbatasan malaysia ini, memiliki luas sekitar 250 Ha, merupakan sebuah pulau yang terletak di selat malaka, dan milik indonesia. Pulau Jemur termasuk dalam wilayah Rokan hilir, yang berada di kecamatan pasir limau kapas. 
Pulau Jemur foto : Pasirpantai .com
Pulau Jemur, pernah di klaim sebagai salah satu pulau milik malaysia. Setelah sejumlah media indonesia pada bulan agustus 2009 melaporkan bahwa malaysia bermaksud mengelola pulau jemur sebagai tempat objek wisata, informasi yang di ambil dari traveljournals.net. 

Kepemilikan sah Pulau Jemur dan gugusan pulau kecil di sekitarnya, oleh indonesia atas sertifikat tanah yang  di miliki oleh Raja Siak. Ketegangan ini mereda setelah di ketahui terdapat pulau jemor sebagai bagian dari kesultanan Selangor.

Lokasi dan Akses Ke Pulau Arwah dan Pulau jemur

Pulau Arwah terdapat di wilayah kecamatan Pasir Limau Kapas, kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau Indonesia. Akan tetapi, jika ada yang mengatakan pulau ini terletak di Bagan Siapi-api, itu juga salah.

Untuk menuju ke lokasi ini, jika anda wisatawan dari pekanbaru, maka sebaiknya anda langusng menuju rokan hilir, jika anda menggunakan kendaraan pribadi, tentunya untuk samapai ke loaksi ini harus menyewa tempat parkir, tepatnya di pelabuhan bagan siapi-api.

Setelah itu, kita menyewa speedboat atau perahu untuk menuju ke pulau arwah. Dengan biaya atau ongkos sekitar Rp 30.000- Rp. 50.000 perorang. Wantu tempuh menggunakan Speedboat sekitar dua jam perjalanan.

Fasilitas di pulau ini tidak ada, kita tidak akan menemukan warung makan, tempat menginap, dan fasilitas lainnya. Karena Pulau ini pulau yang tidak berpenghuni.

Jika kita wisatawan dari luar daerah yang jauh, sebaiknya kita menginap di wisama atau hotel kelas melati yang ada di Bagan Siapi-api. Dengan biaya menginap yang cukup terkangkau.

Jika kita ingin bermalam di Pulau ini, kita harus membuat tenda di sekitaran pos TNI angakatan laut yang ada di kawasan pulau. Tentunya dengan mempersiapkan segala hal yang di perlukan untuk bermalam di pulau ini. Seperti tenda, makanan, cemilan dan lain-lain.

Tertarik untuk berwisata ketempat ini, segera kunjungi tempatnya. Dan nimati moment yang indah di Pulau Arwah bersama orang yang anda sayangi.

Sekian informasi ini terima kasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »