Wisata Sungai Bono (Bono River ) dengan Ombak yang Menakjubkan di Pelalawan Riau Indonesia

Sungai Bono ( Bono River )

Sungai Bono, bono river, bono, ombak bono
Sungai Bono Pelalawan foto : engagemedia .org


Sungai Bono atau Bono River, merupakan sungai yang mempunyai ombak yang sangat fantastik. Bisa di katakan sungai ini merupakan surga bagi para peselancar atau Surfer. Kata bono tentunya sudah sering kita dengar, bahkan sangat familiar sekali. Bukan hanya bagi masyarakat Riau atau Indonesia, bahkan sungai bono ini sudah terkenal hingga ke luar negeri. 

Dan para peselancar asing pun, tak ragu untuk mengatakan, bahwa sungai bono merupakan keajaiban alam dan anugrah bagi masyarakat indonesia. Karena ombak atau gelombang air yang besar biasanya hanya terjadi di laut, tetapi ombak besar ini terjadi di sungai air tawar, jadi ini sangat menakjubkan.

Ombak yang menakjubkan, merupakan impian bagi peselancar agar dapat melakukan aksi yang fantastik, serta menyalur kan hobi dan bakat mereka. Apalagi ombak sungai bono yang terjadi hampir setiap hari. Ini merupakan impian semua peselancar yang gemar surfing. Bahkan para surfer asing pun sudah mengakui akan ombak yang menakjubkan ini.

Ombak sungai bono terjadi karena adanya pertemuan antara air sungai(tawar), dengan air laut yang pasang. Air Sungai kampar yang mengalir deras ke arah laut, bertabrakan dengan air laut yang pasang dan akan masuk ke sungai, sehingga terjadilah ombak yang besar. Gelombang sungai bono terjadi di akibatkan oleh tiga arus air yang berasal dari Selat Malaka, Laut Cina Selatan dan aliran sungai Kampar.
Benturan arus yang terjadi, membuat gulungan ombak dengan tinggi 4-6 meter. Tergantung dari debit air yang di alirkan. Ombak akan semakin besar ketika, musim penghujan datang. Namun ombak besar juga akan terjadi di pertengahan bulan, antara tanggal 13-18 dalam perhitungan hijriah atau sering di katakan pada saat memasuki bulan purnama.

Menurut warga sekitar, ada legenda mengenai gelombang yang terjadi. 7 ombak yang bergelombang beriringan merupakan hantu yang selalu menghancurkan kapal nelayan. Namun sekarang di katakan, hanya ada 6 ombak saja, di karenakan 1 ombak telah di tembak oleh tentara belanda dengan meriam. Sehingga ombak tersebut tidak muncul lagi hingga sekarang. 


 Lokasi dan Akses Ke Sungai Bono

Sungai bono terletak di kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Riau Indonesia. Untuk sampai ke lokasi, jika kita dari pekanbaru dan menggunakan jalur darat, kita akan melewati Pangkalan Kerinci yang merupakan ibu kota Kabupaten Pelalawan, lalu melanjutkan perjalanan sekitar 0.5-1 jam untuk sampai di simpang bunut. 

Setelah sampai simpang, masuk ke simpang bunut sebelah kiri, lalu ambil jalur ke jalan poros bono sebelah kanan yang menuju ke desa teluk meranti. Akan ada papan nama atau penunjuk jalan untuk menuju ke sungai bono.

Jika kita ingin berwisata dan menginap di daerah Teluk Meranti, tersedia wisma yang ada di sekitar lokasi. Namun banyak juga yang menginap di daerah ibu kota atau pangkalan kerinci. Karena tempat penginapan di Pangkalan kerinci lebih banyak di bandingkan dengan tempat penginapan di Teluk Meranti.

Tertarik bukan untuk melihat fenomena alam yang luar biasa itu..??? Silahkan kunjungi tempatnya. Dan jangan lupa untuk menyimpan jejak dalam frame anda ( Selfie ).
Sekian terimakasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »