Kapalo Banda Taram, Tempat Wisata di Payakumbuh Sumatra Barat

kapalo banda, kapalo banda taram, kapalo banda payakumbuh
Kapalo Banda Taram. foto : palingyess.com

Kepalo Banda Taram

Kapalo banda taram adalah sebuah objek wisata buatan, dalam arti dulunya kapalo banda di gunakan oleh petani untuk mengairi sawah mereka.

Namun sekarang, menjadi salah satu objek wisata yang amat sangat menarik untuk di kunjungi dan di nikmati. Kapalo banda taram yang berada di payakumbuh ini, merupakan tempat wisata keluarga, anda bisa hadir bersama keluarga dan  orang yang anda sayang.

Selain itu, lokasi kapalo banda ini, juga sangatmudah untuk di temui, karena sudah banyakyang mengetahui, dan juga lokasi yang tidak jauh dari pemukiman. Selain itu, payakumbuh merupakan tempat ideal untukberwisata.

Jadi bukan hanya berkunjung ke kapalo banda taram saja,anda juga bisa menikmati keindahan alam lainnya yang ada di payakumbuh,termasuk lembah harau yang tidak jauh dari payakumbuh, dan air terjun lainnya yang ada di payakumbuh.

Namun untuk air terjun yang ada di payakumbuh,mungkin tidak semua usia bisa menikmati, karena lintas yang tidak memungkinkan bagi anak-anak untuk ikut andil dalam menikmati keindahan alam air terjun.

Tapi jangan kecewa, seperti air terjun yang ada di lembah harau, merupakan air terjun yang bisa di singgahi oleh semua orang, bahkan anak-anak juga bisa ikut bermain menikmati keindahan alam sumbar.

Perbukitan yang ada di sekitar kapalo banda juga masih asri, hijau dan sangat sedap untuk di pandang. Apalagi untuk sawah padi, ketika anda datang ke tempat tersebut, ketika padi sedang dalam masa tumbuh,maka sangat beruntung bagi anda, karena anda dapat berfoto ria menikmati hijaunya padi.

Untuk harga sewa rakit, sekitar Rp.15.000 saja, untuk satu rakit dan dapat anda gunakan untuk beberapa orang, asal rakit masih kuat menampung orang, maka gass keliling banda. Tapi sayangnya, rakit biasanya hanya bisa menampung lima orang saja, kalo lebih bisa kebalik tuh rakit, jadi, semuatnya aja ya, jangan di paksakan.

Lokasi dan Akses Kapalo Banda Taram

Kapalo banda taram ini, terletak di kecamatan harau, seperti yang tertulis di atas, tepatnya di kanagarian taram. Payakumbuh Sumatra barat. Sekitar 11.5 Kilo meter dari kota payakumbuh.

Dari pusat kota payakumbuh hanya berjarak sekitar 30 menit saja kok, kalian sudah bisa sampai ke kapalo banda ini. Tapi jika kalian dari pekanbaru, ya jarak yang di tempuh lumayan agak jauh karena sudah terpisah propinsi, untuk perjalanannya seh, sekitar 5-6 jam kalian sudah sampai tuh di harau.

Tapi jangan takut ya, karena sepanjang jalan perjalanan menuju ke kota payakumbuh, anda bisa menikmati keindahan lainnya, seperti jalan kelok 9, yang sudah terkenal, lembah harau yang juga sangat populer, dan sebelum samapi ke kapalo banda and bisa mampir-mampir dulu deh di tempat yang juga ga kalah menarik di atas.

Setelah sampai di payakumbuh, anda bisa menyewa delman atau kendaraan umum seperti angkot, dengan tarif sewa yang berariasi, tinggal bilang aja ke kapalao banda taram bg, bro, mas,.. hehe.. dan pastinya akan di anter sampai tujuan.

Meskipun sebenarnya di tempat tersebut sudah tersedia juga tempat atau kedai makanan dan minuman, sebaiknya juga anda persiapkan peralatan lain, seperti tikar, buat mabar alias makan bareng .. hehe.

Dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya, atau bawa kembali sampah anda.

Sekian terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »