Tanaman Yang Bisa di Tanam Secara Hidroponik

hidroponik, tanaman hidroponik, tanaman
Hidroponik. Foto :bibitbunga.com

Tanaman Hidroponik

Sebelum membahas, apa saja sih tanaman yang bisa di tanam secara hidroponik, sebaiknya kita harus tau dulu apa yang di maksud dengan bertanam secara atau dengan metode hidroponik. Yang belakangan sangat populer bagi kalangan petani, meskipun masih banyak yang belum tahu mengenai hidroponik atau mungkin masih belum tahu tanaman apa saja yang sebenarnya bisa di tanam dengan cara hidroponik.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit di bandingkan dengan kebutuhan air pada budidaya tanaman menggunakan tanah. Namun bercocok tanam secara hidroponik bukan berarti 100% tanpa menggunakan tanah, ada juga yang menggunakan tanah sebagai media penahan akar tanaman.

Dalam kajian bahasa, hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air, dan ponik yang berarti kerja, dengan pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Sedangkan secara Etimologi hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air, dan ponik yang berarti daya. Jadi bisa di simpulkan bahwa hidroponik yaitu bercocok tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. (sumber id.wikipedia.org). 

Nah di atas sedikit pengertian mengenai hidroponik, dan disini saya tidak membahas secara detail. Selanjutnya apa saja sih tanaman yang bisa di tanam secara hidroponik. .? berikut ulasannya :

1. Selada
jika kita mencari di google pasti banyak yang merekomendasikan selada untuk di jadikan tanaman hidroponik. Ini di karenakan selada memiliki akar serabut, dengan memiliki daun yang hijau. Sehingga memungkinkan untuk di lakukan penanaman secara hidroponik. Selain itu, tanaman selada juga merupakan tanaman yang harus di berikan nutrisi yang cukup agar pertumbuhannya tidak mengecewakan. 

2. Sawi
Tidak jauh berbeda dengan selada, tanaman sawi juga sangat cocok di tanam secara hisroponik. Selain harga bibit yang tergolong murah, perawatan sawi juga lebih mudah. Cara penanaman sawi ataupun selada secara hidroponik, tidak di anjurkan untuk merendam seluruh batang sawi atau selada, cukup hanya bagian akar saja yang mengenai air, supaya nutrisi yang ada di air cepat terserap.

3. Kangkung
Untuk tanaman sayur yang satu ini, bisa di katakan tanamam yang amat sangat mudah untuk di lakukan penanaman secara hidroponik. Bahkan jika anda ingin membuat hidroponik kangkung dari biji pun bisa anda lakukan.

Baca : Cara memanam kangkung secara hidroponik

4. Tomat
Tomat bisa di tanam dengan cara hidroponik, namun harus ada media tanah yang di gunakan untuk menahan pohon tomat agar tidak tumbang. Karena pohon buah tomat yang bisa bertumbuh besar dan ketika berbuah akan membuat tanaman tersebut harus menahan beban. Jadi sebaiknya gunakan tanah humus atau kompos untuk membuat akar tanaman tomat lebih kuaat menopang batang dan buahnya.

5. Mentimun
Meskipun mentimun bisa di tanam secara hidroponik, namun untuk perawatan mentimun sendiri lebih susah, karena tanam ini yang bersifat menjalar dan mengharuskan untuk di beri ranting atau kayu untuk menjalarkan tanam tersebut. Sehingga, meskipun bisa di lakukan secara hidroponik, mentimun jarang sekali di tanam dengan metode ini.

6. Bawang Merah
Pernah melihat hidroponik bawang merah..?? sepertinya mustahil untuk di lakukan penanaman secara hidroponik untuk bumbu dapur yang satu ini. Tapi jangan salah ya, menanam bawang merah dengan hidroponik memang bisa di lakukan. Biasanya banyak dari para petani menggunakan paralon sebagai media tanam untuk bawang merah. Dan para petani juga kebanyakan memanfaatkan daun bawangnya untuk di jadikan penghasilan utama.

7. Cabe
Ternyata tanaman cabe juga bisa di lakukan dengan cara hidroponik. Namun metodenya harus menggunakan tanah juga sebagai penopang akar tanaman. hampir sama seperti tomat, cabe juga memiliki batang yang besar, dan buah yang lebat, sehingga akar tanaman harus kuat menopang batang tanaman agar tidak tumbang. Sehingga di anjurkan untuk menggunakan tanah kompos sebagai media tambahan.

Teknik penanaman secara hisroponik, memang berbeda sekali dengan penanam biasa atau yang menggunakan tanah. Jadi di butuhkan bekal yang cukup mengenai teknik penanaman dan perawatan tanaman secara hidroponik. Jika anda tidak sungkan, anda bisa belajar di salah satu websait yang membahas mengenai teknik cara berbudidaya tanaman secara hidroponik di agroteknologi.web.id
Dan sumber artikel di atas di ambil dari beberapa referensi website dan blog yang membahas mengenai hidroponik.

Baca juga : Cara Menanam Cabe Dalam Polybag atau Karung

Sekian semoga artikel tersebut bermanfaat. terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »