6 Tempat Wisata Air Terjun Yang Ada di Riau

6 Wisata Air Terjun Riau

Mungkin bagi sebagian orang, air terjun yang ada di riau ini sudah pernah anda dengar atau mungkin juga sudah pernah di kunjungi. Namun tidak ada salahnya ya jika bagi kalian yang mungkin belum mengetahui air terjun apa saja seh yang ada di riau, boleh yuk di simak.

Air terjun yang ada di riau ini, sudah banyak yang mengetahui keindahan dan panorama alam asri yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah wisata air terjun yang ada di riau. 

1. Air Terjun Pangkalan Kapas

air terjun pangkalan kapas, air terjun batang koban
Air terjun pangkalan kapas, atau mungkin anda dengar air terjun batang kapas, air terjun lubuk bigau, tidak lain air terjun ini sama. Untuk melihat keindahan panorama alam yang masih terasa asri anda bisa mengunjungi tempat ini. 

Namun sayangnya, tempat wisata pangkalan kapas ini, tergolong sebagai tempat wisata non family ya, karena perjalanan menuju lokasi tersebut sangat terjal. Dan untuk anak-anak mungkin tidak di anjurkan untuk datang kemari. 

Tapi jika anak anda mungkin bernyali besar, boleh deh di ajak main, tapi harus dengan pengawasan ya. Lokasi air terjun tersebut terletak di desa lubuk bigau. Sampai di desa lubuk bigau, anda bisa menggunakan kendaraan. Baik itu kendaraan roda 2 atau roda 4.

Setelah sampai di lubuk bigau anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju lokasi tersebut. Bagi kalian pecinta trekking, tempat ini so so perfect banget buat kalian.

2. Air Terjun 86 Inhil

air terjun 86
Air terjun 86, kenapa ya kok di namain air terjun 86 .?? hehe.. ada yang tau..??
Yuupps.. Dinamakan air terjun 86 karena air terjun 86 berada di kilometer 86 Jalan Lintas Timur. tapi bukan berarti pas di pinggir jalan ya.

Air terjun 86 berada di desa keritang hulu, dusun pendowo, kecamatan kemuning kabupaten In-Hil. Nah bagi kalian pemuda pemudi InHil, tau ga seh kalau ada air tersejun tersebut..??

Air terjun 86 memang air terjun yang terpencil, bahkan tidak banyak orang yang mengetahui lokasi tersebut. Untuk sampai ke tempat tersebut, tentu sangat menguji adrenalin anda. Dan siapkan mental baja untuk sampai ke air terjun tersebut. 

bagi kalian yang penasaran, sebaiknya lekas deh kunjungi tempat tersebut. Apalagi di musim penghujan, tentu debit air akan semakin meningkat dan semakin terlihat dengan jelas air mancurnya . hehe.

3. Air Terjun Batu Dinding / Bading

batu dinding, air terjun bading
Air terjun batu dinding, atau yang di kenal juga air terjun tanjung belit ya. Air terjun bading, terletak di desa tanjung belit kecamatan kampar kiri hulu. Nah pasti sudah banyak dari kalian yang mendengar atau mengetahui informasi mengenai air terjun tersebut.

Lokasinya tentu indah banget ya, panorama alam yang asri tentu siapa saja ingin menikmati. Perjalanannya tentu juga akan memacu adrenalin anda . Nah bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, langsung saja cuss ke desanya, yang tidak jauh dari gunung sahilan.

4. Air Terjun Guruh Gemurai

guruh gemurai, air terjun guruh gemurai
Nah lho, air terjun apalagi seh ini, ..?? hehe.. Nama air terjun tersebut di ambil dari deerasnya air yang jatuh dari tebing menuju lembah. 

Ya seperti gemuruh gitu deh, sehingga air terjun tersebut di namakan guruh gemurai. Air terjun tersebut terletak di Kabupaten Kuansing, kuantan singingi. Jika anda pernah ke kiliran jao, atau ke arah perbatasan Sumbar - Riau, pastinya anda tahu ya, gimana perjalanan menuju kesana.

Jalanannya sama seperti perjalanan ke sumbar melewati kota bangkinang ya, namun jika melewati Kuantan Singingi untuk kesumbar, siapkan mental. Karena jalannya yang menanjak tajam dan kemudian menungkik tajam, membuat anda harus extra hati-hati.

5. Air Terjun 7 Tingkat

air terjun 7 tingkat, air terjun 7 tingkat batang koban
Air terjun 7 tingkat batang koban, sudah tau kan..??? Yahh, air terjun ini memang sedikit lebih mencolok di bandingkan dengan air terjun yang lainnya. 

Air terjun 7 tingkat ini, sudah lumayan terkenal ya apalagi bagi masyarakat kuansing sendiri. Air terjun 7 tingkat ini, berada di kabupaten yang sama dengan air terjun guruh gemurai.

Namun bedanya hanya lokasi, Jika air terjun guruh gemurai melewati simpang sebelah kiri, dan air terjun 7 tingkat ini melewati simpang dan mengarah ke kanan. Tepatnya pas sekali ke arah Sumbar kabupaten Sijunjung.

Bagi anda yang pernah melewati jalan lintas sumbar-riau, mungkin sudah pernah juga melihat papan nama air terjun tersebut. Air terjun guruh gemurai dan air terjun 7 tingkat ini, merupakan spot wisata family. Karena hampir semua usia bisa masuk ke lokasi tersebut.

6. Air Terjun Aek Martua

aek martua, air terjun aek martua

Air terjun Aek Martua ini, berada di rokan hulu ya, tepatnya di daerah Tangun kecamatan Bangun Purba, desa Bangun Purba.

Nah kebetulan, Oktober 2017 beberapa bulan lalu saya sempat kesana, dan ternyata fasilitas yang ada di ar terjun tersebut sudah sangat baik.

Jalanan menuju air terjun tersebut, kini sudah di perbesar, dengan ukuran sekitar lebar 5-6 meter. Tentu semakin lebar ya. Dan bagi pengendara motor anda bisa membawa motor anda sampai ke air terjun tersebut. (tempat parkir)

Untuk kendaraan roda 4, anda masih harus bersabar, karena jembatan yang belum rampung, dan mungkin tahun depan anda bisa menikmati ke indahan air terjun Aek Martua ini menggunakan Mobil.

Namun bisa juga menggunakan kendaraan roda 4, tapi parkirnya harus di luar area, atau di pinggir jalan. Nah buat kalian yang penasaran dengan lokasi dan keadaan air terjun Aek Martua yang sekarang, anda bisa langusng datang ke Desa Bangun Purba Rokan Hulu.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »