Bukit Suligi, Pesona Negri Di Atas Awan (Samudera Awan)

Bukit Suligi

bukit suligi, bukit suligi rohul, samudera awan
Bukit Suligi Samudera awan

 Bukit suligi pesona negri di atas awan, atausering sekali warga sekitar menyebut sebagai samudera awan, yang memang sangat mempesona dan mankjubkan.

Dimana seh lokasi samudera di atas awan ini..?? lihat ya, pada gambar terlihat jelas bahwa bukit ini berada di indonesia, dan yang paling mengejutkan lagi adalah bukit suligi terletak di riau tepatnya kabupaten Rokan Hulu.

Banyak yang masih belum mengetahui lokasi ini, karena memang jika di lihat dari letak geografisnya, riau tidak begitu berpotensi untuk wisata alamnya. Namun siapa sangka ada sebuah objek wisata alam dengan pemandangan awan di atas puncak bukit yang memanjakan mata.

Bukit suligi merupakan objek wisata baru, yang baru di perkenalkan oleh masyarakat setempat pada tahun 2016 silam. 

Pemandangan alam hutan tropis yang berada di sekitaran bukit, menjadi pemandangan yang harus di lihat dari atas puncak. Bukit-bukit dan hutan tropis merupakan hutan lindung dengan luas sekitar 33.000 Ha, dan skitar 25.000 merupakan wilayah hutan lindung rokan hulu, dan sisanya sudah memasuki daerah kampar.

Hamparan bukit dan hutan, adalah panorama alam yang bisa di saksikan ketika matahi sudah mulai muncul, namun jika pagi hari menjelang matahari akan terbit, maka disinilah letak spot pemandangan sesungguhnya.

Dimana disebut sebagai samudera awan, karena pada pagi hari tersebutlah hampir semua hutan dan perbukitan di selimuti oleh awan yang terhampar luas sejauh mata memandang. Tidak heran jika di sebut sebagai samudera awan, karena hamparan awan yang terlihat bak samudera yang tak berhujung.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan awan, maka sebaiknya datang pada sore hari dan menginap di dataran sekitaran bukit suligi, karena untuk menyaksikan awan tersebut memang di pagi hari di saat embun masih menyingsing.

Bukit yang berada sekitar 812 MeterDi atas Permukaan Laut, bukan lah bukit yang rendah dan biasa, bukit suligi merupakan salah satu bukit yang memiliki ketinggian berbeda di antara perbukitan lain yang ada di di rokanhulu.

Butiran awan yang berkumpul tebal dan putih, bergulung-gulung seperti ombak di lautan, sehingga tidak salah bahwa bukit tersebut juga di juluki sebagai samudera awan.

Lokasi Bukit Suligi

Puncak Bukit Suligi,bukit suligi, bukit suligi rohul, samudera awan
Puncak Bukit Suligi

Bukit suligi terletak di desa aliantan, tepatnya berada di kecamatan kabun, dan berada di kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Nah bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, di pastikan kamu adalah seorang hikking, traveller yang suka dengan tantangan ya.

Karena untuk sampai di puncak bukit suligi, anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam mendaki di atas bukit, dan perjalan tersebut bukan melalui jalan biasa, melainkan harus melewati hutan-hutan  dan juga kebun karet dengan kemiringan bukit sekitar 85 derajat, dan juga membutuhkan tali untuk melewati setiap jalanan setapak yang terjal tersebut.

Namun jangan kuatir, karena kamu akan di pandu oleh pemandu resmi dari bukit suligi, yang dinamakan dengan The Care Taker, yang merupakan pemandu yang di didik langsung oleh pemda setempat. 

Bukit Suligi, Samudera Awan di Rokan Hulu Riau..!!! Cek This

puncak suligi, bukit suligi, bukit suligi rohul, samudera awan
Bukit Suligi Dan Sang Merah Putih

Untuk biaya masuknya, juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 50 ribu perorang, dan sudah termasuk makanan dan minuman dari pemandu / pengurus.

Namun untuk setiap kunjungan di batasi hanya sekitar 30 orang saja, setiap pemandu sekali trakking, ini di karenakan jika terlalu banyak di takutkan para wisatawan tidak bisa puas menikmati pemandangan alam tersebut.

Pemandu atau The Care Taker ini, juga merupakan pengurus kebersihan, dalam arti jika ada wisatawan yang membuang sampah sembarangan maka dia wajib untuk menegur, dan yang di tegur harap untuk sadar diri.

Jadi, bagi anda pecinta alam dan pecinta tantangan maka bukit suligi menjadi salah satu tempat yang layak untuk anda kunjungi, dan buktikan bahwa anda memang traveller sejati .

Sekian semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »