Puncak Ranah - Menggenggam Matahari Di Puncak Ranah

puncak ranah, puncak ranah rokan hulu, wisata rokan hulu, bukit suligi
Puncak Ranah

Puncak Ranah Rokan Hulu

Mencapai sesuatu yang besar, tentunya tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Mencari keindahan alam, tak semudah melihat di gambar, merasakan nikmatnya senja, tak seperti menikmati makanan yang hanya sebentar singgah di lidah. Begitu juga menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa, yang bisa kita lakukan di puncak ranah.

Jalan mendaki dan terjal, menjadi suatu tantangan tersendiri, lelah letih semua bercampur menjadi satu dalam keringan yang mengucur. Begitulah yang di rasakan para traveller penikmat alam semesta yang begitu indah di ciptakan oleh Tuhan YME. Puncak ranah menjadi suatu pemandangan baru bagi setiap pecinta alam bebas, sebuah tempat yang menyajikan keindahan awan bak samudera di laut lepas.

Bukan hanya pemadangan samudera awan saja, matahari terbit juga menjadi salah satu incaran bagi traveller untuk menikmati terik di pagi hari, seolah tangan ini mampu menggenggam matahari yang jauh di ujung langit. begitu juga dengan matahari tenggelam, yang tak kalah jauh memikat mata untuk terus menatapnya. Jepretan kamera juga silih berganti membidik satu titik tajam agar menghasilkan gambar yang sempurna.

Lokasi Puncak Ranah

Puncak ranah berada di kecamatan Kabun, Kabupaen Rokanhulu, Provinsi Riau, Indonesia. Tepatnya berada di desa Koto Ranah, yang kemudian menjadi nama untuk bukit tersebut. 
lokasi puncak ranah, rute puncak ranah, puncak ranah, bukit suligi
Jalan Menuju Puncak Ranah
Puncak ranah dengan ketinggian sekitar 900 Mdpl ini memiliki udara yang sejuk, di karenakan masih banyak hutan di sekelilingnya. Meski di kaki bukit sering terjadi penumbangan hutan untuk di jadikan sebagai perkebunan sawit, namun pemerintah setempat dan penduduk setempat tidak tinggal diam. Mereka melakukan penanaman hutan kembali demi menjaga kelestarian hutan, dan supaya tidak terjadi longsor seperti yang sudah terjadi.


Rute Menuju Puncak Ranah

Berjarak sekitar 7 Km dari Kabun menuju Base Camp KPA-KR, simpangnya jalan masuknya bertuliskan papan nama wisata bukit suligi, dari jalan besar ujungbatu bangkinang, yang kemudian sampai di kabun simpang tersebut.

Setelah sampai di Camp, anda akan melanjutkan perjalan sekitar 5 Km menuju kaki bukit suligi dan ranah, kemudian berjalan kaki sekitar 3 Km atau sekitar 1 jam perjalan untuk sampai ke puncak ranah tersebut. Dan tentunya anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk sampai ke puncak tersebut, karena dalam perjalan 3 Km tersebut, akan sangat menantang.

Kalian akan melewati jalur pendakian di mulai dari pos samati kiri yang kemudian, kalian akan bertemu dengan batu Singkiu, disini kalian bisa foto fulu. Selanjutnya akan ketemu Kayu Cunduong ( kayu Condong ), pendakian Sakonco, lamuik Kasu Batu kembar tak Jodoh Batu unciong yang kemudian ke Batu Pelaminan dan akan sampailah pada puncak terkahir yaitu puncak ranah.

Biaya Tarif Masuk ke puncak ranah yaitu : 35.000 Perorang sudah termasuk Parkir sudah sangat terjangkau bukan..?? Dan disana juga tersedia tempat untuk melakukan Camping, dan malah di tambah dengan pengamanan atau pengawasan.

Larangan Di Puncak Ranah , dilarang membawa Sajam, dilarang mencoret batu dan pohon yang ada, dilarang membawa minuman keras dan narkoba, dan dilarang membuang sampah sembarangan termasuk puntung rokok, dilarang berbuat asusila, dan melarang perempuan laki-laki tidur satu tenda.

Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya.. Terima Kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »